04 Februari 2018

PERBEDAAN ANTARA GENG MOTOR / CLUB MOTOR & MOTOR COMMUNITY

PERBEDAAN ANTARA GENG MOTOR / CLUB MOTOR & MOTOR COMMUNITY



Entah karena alasan ikut-ikutan, atau cuma sekedar meramaikan, banyak club club motor menjamur di berbagai daerah. 
Mulai dari club yang berada di bawah bendera pabrikan (berasal dari 1 jenis kendaraan), hingga yang berdasarkan hobi yang sama. 
Ini perbedaan antara geng motor, club motor dan motor community (komunitas motor).

Walaupun begitu, sebenarnya masih banyak masyarkat awam yang salah pengertian terhadaap kehadiran motor club atau pun motor community. Masih banyak masyarakat awam yang menganggap, club motor maupun komunitas motor tidak jauh berbeda dengan geng motor yang selalu membuat keributan ataupun tindakan anarkis. Maka dari itu mari kita bahas lebih dalam perbedaan geng motor, club Motor, dan motor community.
Berikut perbedaan Geng Motor, Club Motor dan Motor Community (komunitas motor)


Foto Ilustrasi : Geng Motor 

1.GENG MOTOR
Aksi Geng Motor yang suka dengan Kekerasan saat ini semakin membahayakan. Tidak cuma sekedar melukai, merampas harta benda atau menganiaya tapi juga membunuh dan memperkosa korbannya.
Ciri-ciri Geng Motor
Kebanyakan anggota Geng Motor mengendarai motornya tanpa safety riding seperti helm, sepatu dan jaket. Biasanya muncul di malam hari. Motor tanpa lampu. Menggunakan knalpot yang bising dan berisik. Kabarnya lagi motor yang mereka gunakan adalah motor tanpa surat resmi, alias bodong. Tanpa lampu sein, dan lampu utama.
Membawa senjata tajam seperti Golok, pisau, pedang, clurit, senjata api.
Suka berkumpul ditempat kegelapan dan mabok.
Kalau ada anggota baru dilantik dengan kekerasan dan kriminal.
Suka Balapan liar
Visi dan misi mereka jelas, hanya membuat kekacauan dan ingin menjadi geng terseram diantara geng motor lainnya hingga sering terjadi tawuran di atas motor.
Tidak terdaftar di kepolisian atau masyarakat setempat.
Ketika pelantikan anak baru biasanya bermain fisik atau dengan cara kekerasan. Namun sekarang perlu diwaspadai karena ada geng motor yang berkedok club motor.
Berpakaian rapih, safety dan penuh perlengkapan berkendaraan namun arogan, anarkis dan egois kalau di jalan serta tak segan mereka membuat rusuh bila merasa diganggu.
 
Foto Ilustrasi : Club Motor Honda Revo Club Jayapura

2. CLUB MOTOR
Kalau club motor terdiri dari satu jenis kendaraan saja. Club motor tidak memiliki sifat arogan dan pengetahuan berlalu lintas yang baik. Club motor ini dibentuk karena adanya kesamaan pandangan dan hobby terhadap satu jenis kendaraan, tapi ada juga club motor yang dibentuk dibawah bendera perusahaan motor tertentu. Namun semuanya adalah untuk meningkatkan persaudaraan, silaturahmi dan keselamatan berkendara. Dikatakannya, sangat mudah mengenali club motor di jalanan karena salah satu ciri mereka yaitu tidak ugal-ugalan di jalan dan membawa benderara atau simbol organisasi club mereka.
Foto Ilustrasi : City Rolling Club Motor Honda Revo Club Jayapura 


Ciri-ciri Club Motor
Perlengkapan safety dalam berkendara benar-benar komplit. Motor dan pengendaranya sama-sama lengkap bahkan biasanya ditambah box dibelakang motor buat menaruh helm dan peralatan motor. Biasanya setiap club motor hanya terdiri dari satu merk dan satu tipe motor saja namun ada juga yang campur-campur (beda tipe satu merk).
Nongkrong atau kopdar ditempat yang ramai agar bisa dilihat masyarakat sekaligus ajang silaturahmi kepada club motor lain yang kebetulan melintas.
Pelantikan anggota baru biasanya tanpa kekerasan, hanya untuk having fun dan memberi pengetahuan seluk beluk berlalu lintas yang benar.
Melakukan kegiatan touring ke daerah-daerah.
AD/ART mereka jelas dan tercatat dalam kepolisian atau wadah dari perkumpulan club motor. Saling tolong menolong terhadap anggota club motor lain ketika dijalan mendapatkan trouble.
Setiap club motor memiliki tujuan dalam berkendara dan peraturan-peraturan yang tidak membebankan anggotanya.
Mempunyai visi dan misi yang jelas dan jauh dari luang lingkup yang anarkis dan brutal.


Foto Ilustrasi : Jambore Nasional Asosiasi Motor Community Indonesia di Puncak Bogor

3.MOTOR COMMUNITY
Motor Community atau komunitas motor biasanya perkumpulan anggota dengan tidak menonjolkan merk atau pabrikan motor. Tidak jauh berbeda dengan Motor Club tapi Mayoritas Motor Community semua merk motor bisa bergabung mau. Entah itu bebek, semi bebek, batangan, sport dan lain sebagainya yang bisa bergabung di motor community ini.
Mereka ini menjunjung tinggi solidaritas sesama anggota dan masyarakat. Hal ini juga diterapkan pula di club motor.
Ciri-ciri komunitas motor
Komunitas motor memang tidak jauh beda dengan club motor, sama-sama tidak melakukan kegiatan yang berbau kriminal. Namun dari segi peraturan dan safety riding, komunitas motor berbeda jelas dan hanya lebih mengandalkan kegiatan touring tanpa embel-embel dari pabrikan motor.
Ciri-cirinya sebagai berikut, safety riding yang paling di utamakan. Biasanya community terdiri dari berbagai tipe motor dan merk motor. Berdiri dibawah bendera yang mereka buat sendiri. AD/ART mereka lebih simple tidak terlalu banyak. Sama seperti club motor, mereka juga suka melakukan kegiatan sosial. Lebih mengedepankan solidaritas, apapun motornya yang penting mau solid dan bekerjasama.
Pelantikan anggota baru jauh dari kata anarkis dan hanya sekedar pengenalan community dan peraturan saja.
Anggota-anggotanya hanya sekadar komunitas, biasanya terbentuk karena sering nongkrong bareng dan bedasarkan keinginan membangun sebuah wadah bila ingin melakukan touring.
Nama dan lambang mereka ada yang tercatat di kepolisian tetapi ada pula yang tidak dan hanya sebatas kumpulan anak motor saja. Tidak berbeda jauh dengan club motor.
Mempunyai visi dan misi yang jelas dan jauh dari luang lingkup yang anarkis dan brutal.
Hal ini ditegaskannya jika ketidaktahuan masyarakat akan perbedaan ini akan menyebabkan masyarakat resah terhadap club motor yang ada. Padahal dengan adanya club motor, sebenarnya membantu masyarakat dalam berkendara yang aman dan mementingkan keselamatan.
Namun tak dapat dipungkiri bahwa masih ada saja anggota club motor, dan komunitas motor yang sedikit bertindak arogan yang menyebabkan masyarakat awam tidak dapat membedakan antara club community maupun geng. Demikianlah rangkuman yang dikutip dari berbagai sumber...

SALAM BIKEPACKER

31 Januari 2018

PERBEDAAN BIKER VS RIDER

Sebenarnya apa sih Perbedaan Biker dan Rider ?
melalui artikel di blog ini saya akan berikan sedikit sudut pandang saya mengenai :

          "Perbedaan Biker dan Rider

Biker dimata Saya.... 

Bike yang saya maksud disini adalah sepeda motor ya!!!  
Jadi tidak ada kaitannya dengan sepeda kayuh atau Onthel. 
Definisi Biker dimata saya adalah seseorang yang menggunakan sepeda motor dan mengetahui karakteristik pada sepeda motornya. Baik itu mengerti karakteristik mesin atau bagian-bagian lain pada sepeda motor yang dikendarainya (Seperti; Suspensi, Ban, bagian kemudi, hingga kelistrikan).
Masih menurut pandangan saya, biasanya biker itu memiliki sepeda motor yang benar-benar mereka rawat. Baik untuk sekedar hobi, alat transportasi utama, atau untuk berkomunitas.
Dan seorang Biker itu tidak wajib masuk komunitas juga, apalagi turut bergabung kedalam sebuah Geng Motor hanya untuk mengejar predikat Biker. 100% ini salah, setuju? 

Rider dimata Saya.... 

Berasal dari kata Ride atau berkedara. Rider bisa didefinisikan sebagai pengendara dimana pada tulisan ini ruang lingkupnya adalah sepeda motor maka Rider adalah pengendara sepeda motor. Untuk menjadi seorang rider menurut saya paling mudah, hanya bermodal pengetahuan cara membawa motor saja sudah bisa dibilang Rider.
Upsss… sebelumnya saya mohon maaf kepada komunitas yang menggunakan kata Rider pada nama resminya. Berdasarkan pengalaman, dan bermain dengan beberapa penghobi sepeda motor, saya berasumsi bahwa Rider itu sangat cocok diberikan kepada seseorang yang bisanya mengendarai saja.
Mau Contoh?




 Valentino Rossi is Rider of Yamaha Factory Racing
Valentino Rossi is Rider of Yamaha Factory Racing 


Yups… Valentino hanya mengendarai saja. Soal perawatan mesin semuanya diserahkan sama ahlinya. Tugasnya adalah berkendara dan memberikan masukan kepada mekaniknya agar si motor bisa disetting dan disesuaikan dengan kemampuannya.
Dari sini kita bisa melihat sedikit perbedaan Biker dan Rider kan?
Semoga anda tidak lagi pusing memikirkan Perbedaan Biker dan Rider, cukup kenali sepeda motor anda dan pergunakanlah untuk kegiatan yang bermanfaat bagi diri anda sendiri maupun orang lain... 😉


Keep Reading and Safety Riding…

20 Juni 2016

ARTI BACKPACKER

BACKPACKER

Apa itu backpacker :

Backpacker adalah derivat kata backpack. Akar katanya back dan pack. Back, yang di-Indonesia-kan ‘belakang’, berasal dari kata Inggris kuno baec. Consice Oxford Dictionary menyebut baec datang dari bahasa Jerman. Pack juga pinjaman bahasa Jerman; kata bendanya pak, kata kerjanya pakken. Penutur bahasa Jawa punya kata ‘pak’ (mis: sepuluh pak [sepuluh bungkus] ‘Jarum Filter’) dan bahasa Indonesia memiliki kata ‘paket’ (dari package) yang kira-kira semakna.

*Menurut Santosa/Sangata-Kalimantan* Sebagai kata benda ‘backpack‘ diberi padanan ‘rucksack‘, di Indonesia-kan ransel. Ingat nggak, dulu setiap tentara mendapat jatah pembagian ransel dan bursak. Meski bisa dijinjing atau digendong, lantaran muatannya yang lebih besar bursak lebih sering digedong. Sebagai kata kerja ‘backpack‘ diartikan travel atau hike carrying one’s belonging in a rucksack; bepergian atau jalan kaki dengan membawa ransel. Memang arti ‘backpack’ telah meluas, mungkin istilahnya ameliorative atau jadi melebar tergantung dari sudut mana. Kalau mau zakelijk, kalau mau per takrif (definisi), yang lebih pas mestinya ‘jalan kaki menggendong ransel’. Ransel baru digendong bila si empunya jalan kaki. Kalau bepergian dengan bis, ransel akan disimpan di bagasi.

Dalam kamus saya *artsons.wordpress.com*, saya artikan backpacker adalah melakukan perjalanan jauh dari satu kota ke kota lain bisa dinegara sendiri atau ke kota di negara lain dengan biaya yang ditekan se-irit mungkin. Barang yang dibawa mengunakan ransel yang digendong di punggung. Perjalanan dilakukan dengan berbagai moda transportasi seperti pesawat udara, kereta ataupun bus bahkan sepeda motor. Semua rencana itu disusun sebelumnya dengan banyak mengali data serta survey yang mendalam.

Membuat defisini arti backpacker mungkin sangat bias, tergantung dari mana memulai. Jika anda mengartikan backpacker sebagai tas yang dikenakan di punggung tentu saja tidak salah. Kini backpacker bukan lagi perjalanan yang dilakukan dengan mengunakan tas ransel yang dikenakan di punggung mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah di jangkau sebelumnya, bergaul dan mencoba memahami budaya setempat bahkan menginap di rumah-rumah penduduk. Banyak pelancong yang megunakan tas ransel yang di sandangkan bahkan ada tas ransel yang mengunakan roda (trolley).

Lebih jauh lagi menurut saya bepergian ala backpacker adalah cara kita melakukan suatu perjalanan yang dilakukan melalui beberapa proses seperti membuat itinerary, membuat rencanan perincian dana yang akan dikeluarkan, menyiapkan perlengkapan, menentukan destinasi, menetapkan akomodasi dan transportasi yang sesuai dengan dana atau budget.

Seorang backpacker sejati selalu siap menghadapi berbagai kemungkinan. Biasanya tidak peduli ketika harus menaiki kendaraan umum yang penuk sesak dan tidak nyaman. Tidak masalah ketika harus tidur disembarang tempat, seperti di pos gardu, mushola hingga emperan. Barang yang dibawapun tidak banyak, isi tas nya umumnya barang-barang seperlunya dan tidak membawa peralatan yang tidak penting.

Sementara backpacker pada era modern saat ini banyak yang mempersiapkan diri dengan peralataan (gadget) yang canggih dan terkini. Tak usah heran saat anda melihat seorang pelancong yang membawa ransel dengan mengenakan pakaian seadanya tapi memegang alat GPRS untuk menentukan tujuannya.

ARTI BROTHERHOOD DALAM PERGAULAN PARA BIKERS INDONESIA



BROTHERHOOD DALAM PERGAULAN PARA BIKERS INDONESIA

Brotherhood adalah Sebuah kata yang penuh arti bagi kalangan biker Indonesia. Hampir seluruh lapisan klub atau komunitas motor di Indonesia memahami arti dari Brotherhood.

Kata “Brotherhood” sendiri dalam Bahasa Inggris artinya adalah Persaudaraan, hubungan antara kakak-adik, kelompok orang yang sekerja, perasaan yang dimiliki oleh seseorang yang memperlakukan seseorang yang lain seperti saudara. Nah kalo kita hubungkan dari eksistensi klub/komunitas motor/bikers, maka Brotherhood bisa diartikan sebagai sekelompok orang yang memiliki kesamaan visi, misi & hobby yang merasa saling bersaudara, satu rasa, satu hati, satu jiwa.

Beberapa Club motor di Amrik sangat menjunjung tinggi Brotherhood, but Brotherhood mereka adalah Brotherhoodnya kaum kapitalis liberal yang radikal, artinya kalo ga satu paguyuban "bantai/disuruh gabung secara paksa" mereka radikal karena menganggap organisasinya paling hebat, BROTHERHOOD mereka adalah masalah SUPERIORITAS, jelas ga cocok di IndonesiA karena mereka bersaing secara fisik, tapi kalau udah gabung, begitu satu orang terluka, ratusan yang membela. Disitu lah BROTHERHOOD mereka. 

Kalau di Indonesia BROTHERHOOD yang American style itu sudah mendekati "SARA", wajar saja di AMRIK Brotherhood bisa jadi keyakinan mereka, sejujurnya beberapa organisasi motor di Indonesia hampir seperti mereka walaupun tidak radikal, tapi secara halus misalnya dengan intimidasi, pengucilan, di paksa gabung dan di larang pake embel-embel motor tipe tertentu, di larang pakai stiker merek tertentu juga seolah olah mereka lah yang berhak menggunakan merek motor tersebut yang lain HARAM !! karena di anggap bukan komunitas resmi, seperti mahasiswa baru yang ga ikut OSPEK ga ditemenin di anak tirikan, ini contoh. 

Sampai saat ini makna Brotherhood masih teramat jauh dari arti yang sesungguhnya. Sehingga Brotherhood terkadang menimbulkan citra ekslusif antara klub atau komunitas. Perbedaan-perbedaan prinsiplah yang menjadikan jarak pemisah persaudaraan didalam suatu klub atau komunitas. Inti dari Brotherhood itu adalah persaudaraan sejati. Persaudaraan yang tanpa mengenal batas antara klub atau komunitas.

Brotherhood dapat dijadikan symbol kekuatan pemersatu biker di Indonesia. Seperti para pejuang kemerdekaan yang berjuang mempertahankan tanah air tercinta. Brotherhood adalah spirit atau semangat biker Indonesia untuk terus maju dan berkembang sampai sekarang ini. Terbukti dengan semakin banyaknya bermunculan klub atau komunitas motor baru di Indonesia. 

Sangat disayangkan jika rasa persaudaraan dinodai hanya karena ego dan kepentingan semata. Sungguh berat memahami arti sesungguhnya Brotherhood. Yang terpenting adalah Brotherhood dapat dirasakan dan dimulai didalam diri kita masing-masing, kemana arah tujuan dan pencapaian arti

Brotherhood yang sesungguhnya.

Nah yang jadi pertanyaan sekarang adalah..jika lo bergabung dengan komunitas/klub motor yang menganut faham Brotherhood, apakah Brotherhood yang lo bangun hanya sebatas pada pengguna motor di klub/komunitas yang lo ikuti? Kalo iya jawabannya, dan memang menganjurkan seperti itu di komunitasnya, gue saranin mendingan lu cabut dari klub/komunitas yang lu ikutin, gak ada gunanya lo ngomong BROTHERHOOD kalo emang hanya sebatas pada anggotanya, berarti lu BROTHERCLUB !!

Inget bro..Brotherhood itu adalah persaudaraan/ikatan tanpa batas, tanpa jenjang tanpa melihat umur, kalo lu emang Brotherhood sama pengguna motor.. ya artinya lu Brotherhood sama semua pengguna motor yang lain, contoh : kalo ada bikers yg mengalami masalah motor di jalan seperti mogok kehabisan bensin, ya di bantu stut sampai ke pom bensin terdekat, Brotherhood harus konsisten ngak pake liat club atau komunitas lain, ngak pake liat merek motor laen dan ngak pake liat stiker !!

Popular Post

ARTI BROTHERHOOD DALAM PERGAULAN PARA BIKERS INDONESIA

BROTHERHOOD DALAM PERGAULAN PARA BIKERS INDONESIA Brotherhood adalah Sebuah kata yang penuh arti bagi kalangan biker Indonesia. H...